21 Nov 2015

Manfaat Matahari Pagi untuk Tubuh




Artikel Kesehatan - Bagi para komuter yang bekerja di ibu kota, melihat sinar matahari adalah sebuah keajaiban. Bagaimana tidak, kita pergi ke kantor ketika matahari belum muncul ke permukaan dan pulang begitu matahari tenggelam. Akibatnya, kita sama sekali tidak bersinggungan dengan sinar matahari. Padahal, tahukah kamu kalau sinar matahari pagi sangat baik untuk tubuh? Bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga baik untuk jantung kita, lho. Bahkan para dokter spesialis jantung pun menyarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari setidaknya beberapa saat di pagi hari.

Apa saja sih manfaat sinar mentari untuk tubuh? Yuk, simak!
  1. Menyehatkan jantung. Berjemur di bawah sinar matahari membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga tanpa sadar bisa meningkatkan kinerja jantung. Ditambah lagi, di pagi hari sang surya sedang gencar-gencarnya melepaskan vitamin D yang bagus untuk kesehatan kulit dan jantung kita. Pssst, tahu tidak kalau kekurangan vitamin D bisa membuat kita menderita penyakit kardiovaskular? Tidak mau hal ini terjadi pada kita, kan? Untuk itu, rajin-rajin berjemur di pagi hari, ya!
  2. Makes you happy. Disadari atau tidak, berjemur di pagi hari bisa membuat perasaan kita menjadi lebih tenang dan bersemangat. Mengapa begitu, ya? Sebab ketika berjemur, tubuh kita akan mengeluarkan keringat dan sinar matahari bisa membuat otak kita melepaskan serotonin. Udara segar dan aroma khas pagi tanpa sadar akan membuat kita optimis dalam menjalani hari dan membuat kita tersenyum bahagia.
  3. Menutrisi kulit kita dengan vitamin D. Seperti yang sudah diketahui, sinar matahari pagi mengandung kekayaan vitamin D yang sangat bagus untuk menutrisi kulit kita. Memang sih, produk perawatan kulit kita sudah berhasil menutrisi kulit dengan sangat baik. Tapi, akan lebih baik jika mendapatkannya secara alami, bukan?
  4. Makes you strong. Eits, bukan kuat seperti Hercules atau Samson, lho! Maksudnya, sinar matahari bisa membuat tulang dan otot kita kuat! Kok bisa? Iya, karena selain bagus untuk kulit, vitamin D juga bisa menguatkan otot dan tulang serta menurunkan risiko kram otot.

Setelah membaca manfaat dari sinar matahari, jangan lupa sempatkan diri untuk berjemur di pagi hari, ya! (TR)

0 comments:

Posting Komentar

Share