5 Nov 2014

Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan




Treadmill adalah salah satu jenis olahraga yang paling umum di lakukan di pusat kebugaran (Gym). Bahkan saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih membeli sendiri Alat Fitness ini agar bisa digunakan kapanpun mereka ada waktu. Alat ini dapat disesuaikan kecepatannya tergantung kebutuhan penggunanya yaitu, berjalan cepat, jogging atau lari cepat.

Olah raga ini sepintas memang terlihat sama seperti jika kita berjalan atau berlari di trotoar, namun sebenarnya ada perbedaan efek samping antara berjalan dan berlari di treadmill dengan di trotoar. Menggunakan treadmill kita akan terhindar dari cedera karena permukaan treadmill yang halus dan rata, berbeda dengan permukaan trotoar yang keras dan tidak rata sehingga membuat betis harus bekerja dua kali lebih berat.

Manfaat Treadmill sebagai alat olahraga memiliki berbagai manfaat, diantaranya:
  • Melangsingkan tubuh
Alat ini dapat membakar lemak dalam tubuh dan mampu untuk melangsingkan tubuh jika digunakan dengan cara yang tepat dan porsi yang teratur. Selain itu dapat membuat tubuh menjadi lebih atletis.
  • Menurunkan berat badan
Untuk menurunkan berat badan hal yang harus dilakukan adalah dengan membakar kalori dalam tubuh, salah satunya dengan menggunakan treadmill. Agar dapat berfungsi maksimal, olahraga dilakukan lebih dari 30 menit, karena selama 30 menit pertama tubuh hanya membakar glikogen.
  • Membantu proses penyembuhan sendi
Dengan latihan treadmill secara teratur setiap harinya terbukti dapat membantu proses penyembuhan sendi, selain itu bagi yang mengalami sakit punggung dan lutut juga terbukti mengalami kondisi yang semakin membaik dengan latihan ini.
  • Mendeteksi penyakit jantung koroner
Alat ini sering digunakan dalam dunia kedokteran untuk mendeteksi adanya penyakit jantung koroner pada seseorang. Dalam treadmill test pasien akan diminta berlari diatas treadmill dengan kecepatan tertentu bergantung pada usia, tinggi badan, berat badan dan lainnya. Keakuratan pemeriksaan jantung menggunakan alat ini diperkirakan mencapai 78%.
  • Menguatkan jantung
Selain untuk mendeteksi penyakit jantung, alat ini juga digunakan untuk menjaga kesehatan jantung seseorang karena dengan melakukan olah raga ini dengan teratur dan tidak berlebihan dapat melancarkan peredaran darah. (Yv)

0 comments:

Posting Komentar

Share