13 Nov 2013

Obat Tradisional untuk Panas Demam Anak




Artikel Kesehatan - Panas demam pada anak dapat terjadi kapan saja. Terkadang tanpa sebab yang kita sendiri tidak mengetahui. Panas demam anak dapat disebabkan oleh banyak hal dan tanpa kita sadari. Sebagai orang tua pasti merasa cemas dan panik disaat anaknya terserang panas demam. Banyak hal yang dilakukan untuk segera menurunkan suhu panas tubuh sang anak salah satu dengan memberikan obat penurun panas demam atau dengan Plester Penurun Demam.


Ada Obat Tradisional untuk Panas Demam Anak yang dapat digunakan yang bahannya dapat ditemukan dengan mudah dirumah. Berikut ini beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk menurunkan panas demam anak.
  • Bawang Merah
Bawang merah mengandung minyak Atsiri, metilaliin, sikloaliin, kaemferol, floroglusin, kuersetin dimana semua kandungan ini memiliki manfaat sebagai penurun panas. Untuk pemakaiannya cukup mudah, parut atau iris – iris beberapa siung bawang merah dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu cukup balurkan campuran ini keseluruh tubuh anak.
  • Temulawak
Kandungan zat aktif germacrene, xanthorrhizol dan alpha betha curcumena pada temulawak memiliki fungsi sebagai antiinflamsi dan antibiotik. Temulawak ini telah digunakan sejak lama sebagai obat penurun panas, diare, maag, sakit kuning serta meningkatkan nafsu makan. Untuk pemakaian temulawak ini dengan cara memarut sekitar satu ruas jari temulawak dan tambahkan setengah gelas air. Setelah itu peras dan saring untuk diambil sarinya. Tambahkan dua sendok makan madu, aduk hingga merata dan bagi menjadi tiga bagian. Berikan tiga kali sehari untuk menurunkan panas.
  • Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang memiliki fungsi sebagai antiinflamsi, antibakteri dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan panas demam. Untuk penggunaannya, parut kunyit sekitar satu ruas jari tambahkan setengah gelas air panas. Setelah dingin, peras untuk diambil sarinya dan tambahkan perasaan setengah jeruk nipis dan dua sendok makan madu. Bagi menjadi tiga bagian untuk diberikan tiga kali sehari.
  • Lempuyang
Lempuyang mengandung minyak atsiri yang memiliki fungsi sebagai obat penurun panas. Untuk penggunaannya, ambil satu ruas lempuyang lalu parut dan tambahkan setengan gelas air panas. Ambil sarinya dengan cara memeras dan menyaringnya. Tambahkan dua sendok makan madu, bagi menjadi tiga bagian untuk diberikan tiga kali sehari.
  • Air kelapa muda
Air kelapa muda bukan untuk menurunkan panas demam. Kandungan banyak mineral seperti kalium sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat akibat panas demam.

Dengan banyak obat tradisional yang ada dirumah untuk digunakan sebagai obat penurun demam panas akan memudahkan orang tua dalam mengatasi anaknya yang terserang panas. Tentunya dengan menggunakan bahan alami akan membuat obat alami menjadi lebih aman untuk anak.

0 comments:

Posting Komentar

Share