8 Okt 2015

Hilangkan Stres dengan Posisi Yoga




Saat periode kehamilan, Anda perlu menjaga beberapa segmen dalam kehidupan untuk keberlangsungan hidup si buah hati. Selain menjaga makanan sehat untuk ibu hamil, Anda perlu juga menjaga kesehatan mental Anda dengan beryoga. Perempuan yang sedang hamil biasanya sering mengalami stress dan mood swing sehingga dapat berdampak buruk pada kehamilannya. Untuk itu, cobalah beberapa posisi yoga di bawah ini untuk menghilangkan stress. Gerakan yoga ini bisa Anda lakukan di rumah atau di kantor sehingga Anda bisa melakukannya secara rutin.
  1. Mulailah duduk di kursi dengan posisi tegak. Usahan agar punggung Anda dalam posisi lurus, tetapi tidak terlalu membusung ke depan. Tarik napas dalam-dalam hingga hitungan kelima atau hingga paru-paru Anda penuh. Lalu embuskan perlahan-lahan hingga udara di dalam paru-paru Anda habis. Ulangi gerakan ini selama beberapa saat dan usahakan agar pikiran Anda tidak memikirkan hal yang macam-macam. Gerakan ini bisa memperlancar aliran darah Anda dan juga mengurangi kandungan karbon dioksida dalam darah.
  2. Pride pose atau pose mengangkat kedua tangan ke atas. Berdirilah dengan kedua kaki yang saling terbuka selebar pundak dan angkat kedua tangan di atas kepala. Untuk melakukan posisi yoga ini, Anda cukup melebarkan tangan dan membukanya selebar mungkin hingga membentuk huruf "Y". Tarik napas dalam-dalam dan embuskan. Berdasarkan penelitian oleh Amy Cuddy, posisi ini dapat menurunkan kortisol ketika dilakukan selama dua menit.
  3. Posisi warrior. Mundurkan kaki kanan Anda ke belakang dan tumpukan badan pada kaki kiri Anda. Usahakan agar kaki kanan Anda berada dalam garis lurus dengan kaki kiri Anda. Setelah itu, rentangkan kedua tangan Anda lurus-lurus dan putarkan secara bergantian ke kanan dan kiri. Atur pernapasan Anda.
  4. Mountain Pose. Berdirilah dengan pose tegak lurus, lalu lebarkan kedua tangan Anda hingga berbentuk segitiga ke arah bawah. Putar kedua pundak Anda sambil mengatur pernapasan. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit hingga perasaan Anda terasa lebih ringan.

Patut Anda ingat, menjaga kesehatan mental adalah hal yang perlu diperhatikan saat periode kehamilan. Dengan melatih gerakan yoga ini secara teratur, Anda bisa menghilangkan stress yang kerap melanda pikiran Anda sekaligus melatih ketenangan Anda dalam menghadapi proses persalinan.  (Tr)

0 comments:

Posting Komentar

Share